Langsung ke konten utama

BEING A JOURNALIST



Sekitar lima tahun lalu, ketika saya memutuskan untuk aktif di sebuah organisasi intra sekolah yang kegiatannya berbasis jurnalistik, saya mendapatkan suatu penanaman paham bahwa seorang jurnalis mendedikasikan hidup bagi kebenaran. Kalimat itu berdengung di tiap proses saya mencari, mengolah dan menerbitkan laporan berita, sampai suatu ketika pada titik tertentu saya diminta untuk berhenti menuliskan berita, menyajikan kebenaran demi kepentingan satu pihak.

Saat itu, karena saya belum cukup kuat memahami falsafah hidup pers, dan jujur tidak cukup berani untuk ‘mati’ demi sebuah kebenaran. Pertanyaan – pertanyaan mengapa tidak boleh menuliskan kebenaran, kenapa kebenaran dibiarkan tak terungkap, dan sebagainya hanya tertelan begitu saja. Proses saya sebagai jurnalis di bangku sekolah akhirnya tidak lebih sebagai seorang juru tulis yang paham penulisan berita 5W + 1H. Sementara kalimat ‘jurnalis mendedikasikan hidup bagi kebenaran’, berakhir sebagai slogan semata.

Tapi seiring waktu, ada suatu hal yang membuat saya terusik untuk mencari tahu lebih dalam mengenai pers. Hingga pada akhirnya mengantarkan saya untuk berjibaku kembali dalam dunia jurnalistik saat kuliah. Dengan kacamata mahasiswa, saya tahu bahwa ada batasan antara pers dengan humas-sesuatu yang tidak saya ketahui ketika SMA, bahwa sangat berbeda, ketika humas berusaha untuk menyajikan berita – berita untuk membentuk citra positif sedangkan pers bertahan secara konsisten untuk menuliskan berita berdasarkan fakta tanpa tendensi apapun.

Meski begitu, kita tidak bisa menutup mata pada sejarah pers Indonesia. Pada zaman orde baru puluhan tahun lalu secara nyata pers pernah tunduk pada kekuasaan pemerintah. Seperti yang tertuang dalam sebuah teori pers kuno Authoritarian Theory (Teori Pers Otoriter). Pers hanya boleh menulis berita atas izin pemerintah, dan segala kegiatan pers diawasi oleh pemerintah. Namun segera disadari, pers tidak seharusnya dijadikan alat pemerintah, melainkan sebagai mitra pemerintah dalam menguak sebuah kebenaran. Hal itu kemudian melahirkan sebuah teori tandingan yakni Libertarian Theory (Teori Pers Bebas). Posisi pers dalam teori ini adalah sebagai pengawas kebijakan pemerintah.         

Sayangnya, kebebasan pers dalam menyajikan berita tidak memberi banyak koreksi pada kebijakan pemerintah serta lebih membebaskan penguasa modal untuk memanfaatkan pers demi kepentingan ekonomi dan politik. Sehingga muncul dua teori baru yang dirasa lebih relevan untuk keberadaan pers di masyarakat, yaitu; Social Responsibility Theory (Teori Pers Bertanggung Jawab Sosial) dan Soviet Communist Theory (Teori Pers Komunis Soviet). Pada teori pers bertanggung jawab sosial, pemberitaan yang dilakukan haruslah memperhatikan kepentingan masyarakat bukan pemerintah maupun pemilik modal, dan yang terpenting adalah berpegang pada etika – etika pers. Sementara teori pers komunis soviet memiliki satu hal yang menarik dan penting dimiliki oleh media serta tidak ditawarkan oleh teori – teori lain yakni penomorduaan topik. Intinya pers tidak lagi berorientasi pada apa yang sedang ramai dibicarakan.

***

Dalam ‘kostum’ pers mahasiswa, saya juga masih tetap menyimpan kalimat ‘jurnalisme mendedikasikan hidup bagi kebenaran’. Tapi pertanyaan tentang mengapa kebenaran itu sengaja disembunyikan tidak pernah lagi muncul. Besar karena saya pun mulai sedikit belajar dari filsafat. Tidak ada sesuatu yang diyakini sebagai kebenaran, karena sesungguhnya itu semua relatif. Dan hal tersebut pada akhirnya mengubah pertanyaan saya menjadi kebenaran yang seperti apa yang patut dibela dan dihadirkan oleh seorang jurnalis.

Titik terang menuju jawaban dari pertanyaan itu secara perlahan mulai muncul lewat sebuah buku Bill Kovach dan Tom Rosenstiel, The Elements of Journalism. Kebenaran bagi jurnalisme bukanlah kebenaran filosofis, melainkan kebenaran fungsional. Arti dari kebenaran fungsional yakni kebenaran yang terus dibangun, tidak bersifat mutlak. Sehingga kebenaran itu senantiasa terus mengalami perubahan sesuai dengan realita dan fakta yang ada.

Dua orang wartawan amerika tersebut juga berhasil merumuskan sembilan elemen jurnalis yang sudah selayaknya dimiliki setiap insan pers. Dari kesembilan elemen itu ada satu elemen yang menjadi perhatian penting saya, yakni independensi. Ini yang membuat seorang jurnalis harus meletakkan segala identitas dan latar belakangnya dalam tulisan – tulisan beritanya. Tidak boleh ada unsur agama, ras, gender, dan hal – hal lain yang bersifat personal masuk dalam laporan berita yang ditulis.

Bahkan jika salah satu keluarga seorang wartawan terlibat dalam satu kasus, ia harus tetap menuliskan fakta dari kasus tersebut secara jujur. Menuliskan kebenaran itu sepahit apapun dan sesakit apapun. Ini mungkin yang menjadi salah satu alasan timbul kalimat, wartawan tidak mencari teman juga tidak mencari musuh.


September, 2015

Salam rindu untuk pembimbing jurnalis pertama saya, Pak Jur/Pak Rosihan.  

Komentar

  1. menjadi juralis bukan hal yang mudah. ada beban besar yang dipikul pada pundak para jurnalis. jurnalis bukanlah hanya soal menguasai teori dan keterampilan praktis akan tetapi juga soal hati nurani. menjadi jurnalis tanpa landasan integritas hanya akan menjadikan kita sebagai kuli tinta atau yang kini juga layak dikenal sebagai budak-budak media.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, rupanya menjadi jurnalis juga tidak lebih mudah dari menjadi anggota CIA.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Magang dan Kenikmatan Paradoksal Wartawan

Sore dan sinar senja yang hangat adalah latar bagaimana karir magang saya sebagai wartawan harian pagi berakhir indah, dan damai. Saya punya tiga orang partner kerja yang luar biasa. Dua mentor khusus yang meski dalam pengajarannya sungguh bertolak belakang, tapi sangat berkontribusi mempertegas ritme kerja wartawan yang harus saya pahami dan lakoni. Masih terputar jelas dalam ingatan, sore – sore pertama kali kami datang di kantor redaksi. Pimpinan umumnya perempuan, cerdas, ramah, tidak suka basa – basi. Keesokan harinya kami segera diperkenalkan dengan pimpinan redaksi, redaktur, dan manajer ekonomi bisnis. Perkenalan khas orang – orang media, ringkas. Sebab setelahnya yang lebih penting. Pengaturan desk kerja, saya dan dua orang lainnya diletakkan pada posisi reporter untuk area liputan kota dan pemerintahan serta ekonomi bisnis. Sementara seorang lain ditempatkan sebagai pengelola naskah berita online. Di kursi sofa panjang berwarna biru, kami berempat duduk sal

Kisah di Balik Kisah yang Diterbitkan

  Tanpa kesempurnaan naskah ini bisa terlahir, Kalimat itu menjadi penanda dan saya letakkan di halaman pembuka Novel SEMU, novel pertama yang saya terbitkan. Seperti maknanya secara tekstual, saya ingin mencitrakan bahwa untuk menghasilkan sesuatu, kita tidak selalu butuh sederet konsepsi rumit dan indah, atau hal – hal yang lebih mengotakkan kesempurnaan. Secara pribadi, saya memang tidak memungkiri pernah ada di titik dimana saya lebih banyak menghabiskan hari dengan menulis rencana, rencana, dan rencana. Atau target, tujuan, target, tujuan. Tulisan – tulisan yang tidak membawa saya melangkah kemanapun. Sampai pada akhirnya, saya berhenti dan merubah kebiasaan di masa lalu. Sesederhana itu, saya merasa melakukan apa yang pernah dituliskan Paulo Coelho di salah satu bukunya. Kurang lebih seperti ini yang saya pahami; “Sangat penting untuk membiarkan hal - hal tertentu berlalu. Lepaskan saja. Biarkan. Orang perlu mengerti bahwa hidup ini tidak pasti; kadang - kadan

JURNALIS; ANTARA MESIN DAN MALAIKAT

Di tengah kegamangan berproses menemukan ritme sebagai pewarta, saya dibawa bertemu dengan seseorang sore itu. Salah satu jurnalis di sebuah media swasta yang berakusisi dengan media Amerika, CNN. Tidak disangka – sangka pertemuan yang awalnya dijadwalkan untuk memenuhi tugas mata kuliah etika jurnalistik, berbuah menjadi satu titik penegasan bagi saya untuk tidak berhenti dan meninggalkan proses belajar sebagai seorang insan pers. Jungkir balik liputan demi liputan yang saya lalui selama ini memberikan pemahaman praktis bahwa basic menjadi seorang jurnalis memang skeptic dan curiosity, tapi laku seorang jurnalis dalam menyajikan berita tidak cukup itu. Sebagai sebuah profesi yang berkaitan dengan kepentingan banyak pihak, jurnalis punya etik – etik tertentu untuk melindungi hak – hak publik. Itu yang seringkali masih banyak diabaikan oleh jurnalis negeri ini. Untuk itu, di tempat saya ditempa, mata kuliah etika jurnalistik menjadi satu keharusan dipahami dan diaplikasikan, demi